Salah Pilih- Judul menggambarkan isi babnya?

5. Perbedaan perangai

Judul ini menggambarkan isi babnya karena di dalam judul ini di ceritakan tentang Saniah dan Rusiah, kakak beradik yang sifatnya bertolak belakang. Saniah sifatnya sewenang-wenang dan sombong, sedangkan Rusiah lebih berhati baik dan tidak bertindak sesuka hati.

6. Mengantar sirih

Judul ini menggambarkan isi babnya karena di dalam bab ini di ceritakan tentang adat orang Padang yang harus mengantar sirih selagi menemui calon istrinya

7. Ibu Mariah dan Asnah

Iya, karena di dalam bab ini di ceritakan tentang bagaimana Asnah di sindir dan di rendahkan oleh Saniah. Dan di saat itu ada Ibu Mariah jadi dia mengerti bagaimana perasaan Asnah di perlakukan demikian. Di bab ini juga di ceritakan sewaktu mereka berunding di waktu malam hari tentang perilaku calon istri Asri itu.

8. Dalam suasana bertunangan.

Judul ini menggambarkan isi babnya, karena di dalam bab ini diceritakan bagaimana suasananya saat bertunangan, sewaktu si lelaki ke rumah perempuan dan menghadiri pperjamuannya. Ia membawa teman-temannya. Di sini juga di bahas bagaimana perjamuan ini penting untuk berkenalan dengan keluarga perempuan dan juga untuk mengetahui kehidupan rumah tangga mereka. Di bab ini juga di ceritakan pada saat pihak perempuan tidak melayani pihak lelaki dan teman-temannya dengan baik.

9.Sesudah kawin

Judul ini menggambarkan isi babnya, karena di dalam bab ini dijelaskan bagaimana perilaku para tokoh setelah kawin. Di ceritakan juga tabiat istrinya yang baru kelihatan sesudah kawin, dan terlihat bahwa Asri terkejut dengan sifat istrinya yang dikiranya baik sebelumnya, dan baru keliahatan jeleknya setelah mereka kawin.

10. Menantu pilihan

Judul ini menggambarkan isi babnya, tetapi terdapat juga sindiran di dalam judul ini, karena di dalam bab ini di ceritakan adat Saniah yang kurang bagus dan terus menyalahkan Asri tentang adatnya. Ia pun menjelek-jelekkan Asnah di depan Asri. Berhubung dia adalah menantu pilihan, judul ini menyindir sifat Saniah, karena biasanya menantu pilihan adalah baik adanya, tetapi ia malah bersifat tidak baik.

11. Tak Mau duduk sehamparan

Judul ini menggambarkan isi babnya. Di bab ini di ceritakan bagaimana Saniah merasa tidak selevel untuk duduk makan bersama-sama keluarga Asri terutama Asnah dan Ibu Liah. Ia tidak mau duduk berdekatan dengan mereka karena ia merasa bahwa mereka hanyalah babu yang menumpang di rumah Asri

12. Pengaduan Anak dan penerimaan Ibu

Judul ini menggambarkan isi babnya, karena di dalam bab ini diceritakan Saniah datang kepada Ibunya tanpa sepengetahuan Asri maupun ibunya. Ia mengadu bagaimana Asri lebih memihak kepada Asnah daripada dirinya. Ia juga cerita bahwa ia tidak begitu disukai oleh penduduk desa itu karena sifatnya yang tidak menyenangkan. Ibu Saniah pun tetap membela anaknya dan menerima aduan anaknya. Ia bahkan mengusulkan untuk menggunakan tipu daya untuk mengenyahkan Asnah dari rumah Asri.

13. Sesal dan cedera

Bab ini menceritakan bagaimana Asri menyesal telah memilih Saniah untuk menjadi istrinya. Ia sebelumnya mengira bahwa perkawinan akan membawa suka di dalam hidupnya, tetapi perkawinannya malah telah membawa sesal dan dukacita. Asri juga sedih karena Asnah dan Saniah tidak bisa bergaul baik, yang sebenarnya adalah suatu yang di takutkannya sebelum ia kawin. Sampai ahirnya Asri terpaksa memberitahu Saniah dengan cara yang kurang baik tentang kelakuannya dan menyuruhnya untuk membuang tabiat-tabiat buruknya.

14. Petuah orang yang akan meninggal.

Judul ini menggambarkan isi babnya, karena di judul ini diceritakan sewaktu Ibu Mariah sudah sakit-sakitan dan hampir meninggal, ia berpatuah kepada Asri dan Asnah bahwa alangkah baiknya jika mereka dahulu bisa menikah. Walaupun mereka sesuku, tetapi ibunya berpendapat bahwa Asnah layak untuk Asri, dan dia menyesal telah mengawinkan Asri dengan Saniah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: